Baru-baru ini, Facebook mengumumkan laporan keuangan perusahaan di kuartal pertama 2015. Laporan tersebut menampilkan beberapa data menarik mengenai statistik para penggunanya.
Menurut laporan tersebut, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di seluruh dunia kini mencapai 1,44 miliar. Jumlah ini meningkat dari kuartal sebelumnya, dengan jumlah sebanyak 1,39 miliar pengguna. Sama seperti beberapa kuartal sebelumnya, kawasan Asia-Pasifik masih mendominasi jumlah pengguna media sosial ini. Jumlah pengguna Facebook di kawasan tersebut mencapai angka 471 juta atau sekitar 32,6 persen dari total pengguna Facebook di seluruh dunia.
Selain mengalami kanaikan jumlah pengguna aktif bulanan, jumlah pengguna
aktif harian media sosial ini juga meningkat. Menurut laporan tersebut,
sebanyak 936 juta orang mengakses Facebook setiap harinya.
Pendapatan menurun
Berbanding terbalik dengan pertumbuhan pengguna, untuk kuartal pertama tahun ini, Facebook mengalami penurunan dalam jumlah pendapatan. Pada kuartal sebelumnya, perusahaan ini berhasil memperoleh penghasilan USD3,85 miliar (Rp49,82 triliun). Di kuartal pertama tahun ini, penghasilan Facebook mengalami penurunan menjadi USD3,54 miliar (Rp45,84 triliun). Penurunan jumlah penghasilan ini terjadi di seluruh dunia.Dengan jumlah pengguna yang terus bertumbuh dan pendapatan tahunan yang meningkat signifikan, sulit rasanya untuk memprediksi kapan media sosial ini akan saturated. Beberapa strategi Facebook seperti mengembangkan berbagai aplikasi terpisah dan meluncurkan program Internet.org mungkin berpengaruh pada pertumbuhan bisnisnya.
Sama seperti kuartal-kuartal sebelumnya, akses dari perangkat mobile berkontribusi besar terhadap penghasilan Facebook. Pada kuartal ini saja, sekitar 73 persen dari total pendapatan Facebook berasal dari iklan mobile. Facebook tentunya bisa berharap banyak pada pertumbuhan pengguna mobile-nya untuk meningkatkan penghasilan perusahaan ini di masa mendatang.
(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
sumber : http://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-facebook-q1-2015/
No comments:
Post a Comment